Sunday, September 25, 2011

Ada tiga jenis obat yang bermanfaat untuk terapi obat osteoarthritis yaitu obat anti radang dan nyeri, suplemen untuk menumbuhkan tulang rawan, serta obat pelumas yang disuntikan ke sendi.

1. Obat Anti radang dan Obat Anyi nyeri
Anti radang dan anti nyeri steroid. Kelompok obat ini (prednisone dan metilprenisolon) sangat baik untuk mengurangi peradangan dan nyeri sendi, khususnya terjadi saat serangan yang berat. Namun demikian obat ini memiliki efek samping yang berat seperti pengeroposan tulang, memberatnya kencing manis, katarak dan naiknya berat badan oleh karena itu obat ini sudah tidak banyak lagi dipakai untuk pengobatan osteoarthritis.

Anti radang dan anti nyeri non steroid. Berbagai macam anti radang dan anti nyeri non steroid yang lebih aman dibandingkan steroid, mulai dari obat kuno seperti aspirin dan ibuprofen serta natrium/kalium diklofenak sampai obat yang baru dan aman seperti meloksikam dan sekekoksib. Namun obat ini juga tidak terlepas dari efek samping seperti alergi dan kambuhnya atau bertambah beratnya sakit maag (gastritis) sampai terjadinya komplikasi perdarahan lambung.

2. Suplemen untuk Menambahkan Tulang Rawan
Suplemen yang mengandung glukosamin dan kondroitin sulfat bermanfaat untuk menumbuhkan tulang rawan yang menipis pada osteoarthritis. Dosis yang diperlukan setiap hari adalah sebesar 1500 mg glukosamin. Suplemen ini biasanya akan memeberikan manfaat setelah diminum selama 4 sampai 6 bulan. Pemakaian kurang dari 4 bulan atau yang tidak teratur tidak akan memberikan manfaat. Demikian juga dosis yang kurang dari 1500 mg tidak akan berguna. Pelrlu dicamkan juga bahwa suplemen ini hanya bermanfaat untuk nyeri sendi yang disebabkan oleh pengapuran sendi, dan bukan nyeri sendi yang disebabkan oleh penyakit lain.

Dewasa ini telah tersedia begitu banyak suplemen yang mengandung glukosamin dan kondroitin sulfat dari berbagai produsen. Masyarakat perlu berhati-hati dalam memilih produk suplemen tersebut karena seringkali dosis yang tercantum dalam label kemasan obta tidak sesuai dengan kenyataan yang terkandung didalam setiap tablet suplemen di dalamanya.

3. Obat Pelumas Sendi
Obat pelumas sendi (yang mengandung asam hialuronat) sangat berguna untuk osteoarthritis. Selain untuk memulihkan kekentalan cairan sendi, obat ini sangat berguna untuk nutrisi sel-sel tulang rawan. Saat sudah tersedia obat pelumas baru yang hanya perlu disuntikan sebanyak 3 kali atau bahkan hanya perlu satu kali. Suntikan obat pelumas sendi lazim perlu diulang setiap tahun.

Perlu diingat bahwa obat pelumas sendi hanya berguna untuk pengapuran sendi derajad ringan stadium 1 dan 2. Untuk derajad stadium 3 dan 4, obat pelumas sendi sama sekali tidak bermanfaat karena permukaan sendi telah kasar dan tidak ada lagi lapisan tulang rawan yang dapat dilumasi.

4. Terapi Operasi
Tidak semua kasus pengapuran sendi dapat diobati hanya dengan obat-obatan saja. Bentuk pengobatan non-operasi tersebut biasanya hanya bermanfaat untuk pengapuran sendi derajad ringan (stadium 1 dan 2) jadi untuk derajad berat (stadium 3 dan 4), pilihan pengobatan terbaik adalah operasi penggantian sendi. Operasi penggantian sendi adalah operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi yang telah mengalami kerusakan yaitu sendi yang telah menderita osteoarthritis stadium 3 dan 4.

0 comments:

Post a Comment